Pemanfaatan ChatGPT oleh Mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan: Membantu Penulisan Artikel Ilmiah Lebih Efektif

Mahasiswa Program Doktor (S3) Ilmu Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan ChatGPT untuk mendukung proses penulisan artikel ilmiah. Penggunaan teknologi ini dilakukan di lingkungan kampus dengan bimbingan dosen pada akhir tahun 2024. Mahasiswa mengakui bahwa penggunaan ChatGPT membantu meningkatkan efektivitas mereka dalam menulis, terutama untuk penyusunan kerangka artikel, pengembangan argumen, hingga pengecekan tata bahasa dan ejaan.
Pemanfaatan ChatGPT oleh mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan di UNESA dimulai sejak teknologi tersebut diperkenalkan sebagai alat bantu akademik. Menurut Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd., salah satu dosen pembimbing, teknologi ini membantu mahasiswa untuk mengorganisasi ide-ide mereka secara lebih sistematis. "Mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam memulai penulisan, dan ChatGPT memberikan mereka dorongan awal dengan menyusun draft kerangka yang jelas," jelasnya.
Selain itu, mahasiswa juga menggunakan ChatGPT untuk memverifikasi referensi yang digunakan dalam artikel mereka. Salah satu mahasiswa, Varia Virdaus, mengatakan, “ChatGPT sangat membantu saya dalam memastikan bahwa kutipan-kutipan yang saya gunakan relevan dengan topik penelitian saya. Bahkan, fitur pengecekan tata bahasa membuat tulisan saya menjadi lebih terstruktur.”
ChatGPT tidak hanya membantu di bidang teknis, tetapi juga menjadi mitra diskusi bagi mahasiswa untuk mengembangkan argumen dalam artikel mereka. Misalnya, ketika mahasiswa membutuhkan sudut pandang baru untuk mendukung hipotesis, mereka dapat berdialog dengan ChatGPT untuk mengeksplorasi ide tambahan. Namun, penggunaan teknologi ini tetap berada dalam pengawasan dosen untuk memastikan hasilnya sesuai dengan standar akademik.
Meski begitu, dosen menekankan bahwa ChatGPT hanya alat bantu, bukan pengganti proses berpikir kritis mahasiswa. Penggunaan teknologi ini diharapkan terus berkembang untuk mendukung kualitas penelitian di Program S3 Ilmu Pendidikan UNESA. Dengan kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan teknologi, UNESA berkomitmen mencetak lulusan yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mendukung pengembangan ilmu pendidikan.